Sabtu, 25 September 2010

Tanggung jawab sosial manajement

Tanggung Jawab Sosial Manajemen

The term social responsibilities can be defined as the obligation of management towards the society and others concerned. Istilah tanggung jawab sosial dapat didefinisikan sebagai kewajiban dari manajemen terhadap masyarakat dan lain-lain yang bersangkutan.

Reason for Social Responsibilities : Business enterprises are creatures of society and should respond to the demands of society. Alasan Sosial Tanggung Jawab : Bisnis usaha adalah makhluk dari masyarakat dan harus merespon tuntutan masyarakat. If the management does not react to changes in social demands, the society will either force them to do so through laws or will not permit the enterprise to survive. Jika manajemen tidak bereaksi terhadap perubahan tuntutan sosial, masyarakat baik akan memaksa mereka untuk melakukannya melalui undang-undang atau tidak akan mengizinkan perusahaan untuk bertahan hidup. Therefore the longterm interests of business are best served when management assume social responsibilities. Oleh karena itu kepentingan jangka panjang bisnis yang terbaik disajikan pada saat manajemen memikul tanggung jawab sosial. The image of business organization liked with the quality of its products and customer service and the extent to which it fulfills the expectations of owners, employees, consumers, government and the community at large. Citra organisasi bisnis suka dengan kualitas produk dan layanan pelanggan dan sejauh mana itu memenuhi harapan pemilik, karyawan, konsumen, pemerintah dan masyarakat pada umumnya. For longterm success it matters a great deal if the firm has a favourable image in the public mind. Untuk sukses jangka panjang itu penting banyak jika perusahaan memiliki citra yang baik dalam pikiran publik. Every business enterprise is a organ of society and its activities have impact on the social scene. Setiap bisnis perusahaan merupakan organ masyarakat dan kegiatannya berdampak pada adegan sosial. Therefore, it is important for management to consider whether their policies and actions are likely to promote the public good, advances the basic values of society, and constitute to its stability, strength and harmony. Oleh karena itu, penting bagi manajemen untuk mempertimbangkan apakah kebijakan dan tindakan yang mungkin untuk mempromosikan barang publik, kemajuan nilai-nilai dasar masyarakat, dan merupakan dengan kekuatan, yang stabilitas dan harmoni.

Increasing concern for the social responsibility of management, it is now recognized that besides taking care of the financial interest of owners, managers of business firms must also take into account the interest of various other groups such as employees, consumers, the government and the community as a whole. Meningkatkan kepedulian untuk tanggung jawab sosial manajemen, sekarang diakui bahwa selain mengurus kepentingan finansial dari pemilik, manajer perusahaan bisnis juga harus mempertimbangkan kepentingan berbagai kelompok lainnya seperti karyawan, konsumen, pemerintah dan masyarakat secara keseluruhan. These interested groups are directly or indirectly affected by the pursuit of business activities and they are the stake-holders of the business enterprise. Kelompok-kelompok yang tertarik secara langsung atau tidak langsung dipengaruhi oleh mengejar kegiatan bisnis dan mereka adalah pemegang saham-perusahaan bisnis.

Responsibility towards owners: The primary responsibilities of management is to assure a fair and reasonable rate of return on capital and fair return on investment can be determined on the basis of difference in the risks of business in different fields of activity. Tanggung jawab terhadap pemilik: Tanggung jawab utama manajemen adalah untuk menjamin tingkat yang wajar dan masuk akal pengembalian modal dan pengembalian yang adil atas investasi dapat ditentukan berdasarkan perbedaan dalam risiko bisnis di berbagai bidang kegiatan. With the growth of business the shareholders can also expect appreciation in the value of their capital. Dengan pertumbuhan bisnis para pemegang saham juga dapat mengharapkan kenaikan nilai modal mereka.

Responsibility towards employees:
Management responsibility towards employees relate to the fair wages and salaries, satisfactory work environment, labour management relations and employee welfare. Tanggung jawab terhadap karyawan: tanggung jawab Manajemen terhadap karyawan berkaitan dengan upah yang adil dan gaji, lingkungan kerja yang memuaskan, manajemen hubungan tenaga kerja dan kesejahteraan karyawan. Fair wages should be fixed in the light of labor productivity, the prevailing wage rates in the same or neighbouring areas and relative importance of jobs. upah Fair harus tetap dalam terang produktivitas tenaga kerja, tingkat upah yang berlaku di atau sekitarnya dan relatif sama pentingnya pekerjaan. Managers salaries and allowances are expected to be linked with their responsibility, initiative and skill. Manajer gaji dan tunjangan yang akan terhubung dengan inisiatif, mereka tanggung jawab dan keterampilan. But the spread between minimum wages and highest salaries should be reasonable. Tapi spread antara upah minimum dan gaji tertinggi harus masuk akal. Employees are expected to build up and maintain harmonious relationships between superior and subordinates. Karyawan diharapkan untuk membangun dan memelihara hubungan yang harmonis antara atasan dan bawahan. Another aspect of responsibility towards employees is the provision of welfare amenities like safety and security of working conditions, medical facilities, housing, canteen, leave and retirement benefits. Aspek lain dari tanggung jawab terhadap karyawan adalah penyediaan fasilitas kesejahteraan seperti keselamatan dan keamanan kondisi kerja, fasilitas kesehatan, perumahan kantin,, cuti dan tunjangan pensiun.
Responsibility towards consumers: In a competitive market, serving consumers is supposed to be a prime concern of management. Tanggung jawab terhadap konsumen: Dalam pasar yang kompetitif, melayani konsumen yang seharusnya menjadi perhatian utama manajemen. But in reality perfect competition does not prevail in all product markets. Namun dalam persaingan sempurna realitas tidak berlaku di semua pasar produk. In the event of shortage of supply there is no automatic correction. Dalam hal terjadi kekurangan pasokan tidak ada koreksi otomatis. Besides consumers are often victims of unfair trade practices and unethical conduct of business. Selain konsumen sering menjadi korban dari praktek perdagangan yang tidak adil dan melakukan bisnis tidak etis. Consumer interests are thus protected to some extent with laws and pressure of organized consumer groups. kepentingan konsumen dilindungi sehingga sampai batas tertentu dengan hukum dan tekanan dari kelompok konsumen terorganisir. Management should anticipate these developments, satisfy consumer needs and protect consumer interests. Manajemen harus mengantisipasi perkembangan tersebut, memenuhi kebutuhan konsumen dan melindungi kepentingan konsumen. Goods must be of appropriate standard and quality and be available in adequate quantities at reasonable prices. Barang harus sesuai standar dan kualitas dan tersedia dalam jumlah memadai dengan harga pantas. Management should avoid resorting to hoarding or creating artificial scarcity as well as false and misleading advertisements. Manajemen harus menghindari beralih untuk menimbun atau membuat kelangkaan buatan serta iklan palsu dan menyesatkan.
Responsibility towards the Governments: As a part of their social responsibility, management must conduct business affair in lawful manner, honestly pay all the taxes and dues, and should not corrupt public officials for selfish ends. Tanggung jawab terhadap Pemerintah: Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial mereka, manajemen harus melakukan urusan bisnis dengan cara halal, jujur membayar semua pajak dan iuran, dan harus tidak korup pejabat publik untuk tujuan-tujuan egois. Business activities must also confirm to the economic and social policies of the government. Kegiatan usaha juga harus mengkonfirmasi kepada kebijakan ekonomi dan sosial pemerintah.
Responsibility towards the community and society: The socially responsible role of management in relation to the community are expected to be revealed by its policies with respect to the employment of handicapped persons, and weaker sections of the community, environmental protection, pollution control, setting up industries in backward areas, and providing relief to the victims of natural calamities etc. Tanggung jawab terhadap komunitas dan masyarakat: Peran yang bertanggung jawab sosial manajemen dalam kaitannya dengan masyarakat diharapkan akan diungkapkan oleh kebijakan berkaitan dengan kerja dengan orang cacat, dan bagian lemah dari masyarakat, perlindungan lingkungan, pengendalian pencemaran, pengaturan industri di daerah terbelakang, dan memberikan bantuan kepada korban bencana alam dll













Tidak ada komentar:

Posting Komentar